Peran Keputusan Pembelian Memediasi Hubungan Kualitas Pelayanan, Brand Image, dan Diskon terhadap Kepuasan Konsumen di Ramayana Sidoarjo

Sintiya Ayu Wulandari, Muhammad Yani, Tofan Tri Nugroho

Abstract


The purpose of this study was to analyze the role of purchasing decisions mediating the relationship between service quality, brand image, and discounts on customer satisfaction at Ramayana Sidoarjo. The study was conducted using a quantitative approach, with a sample of 96 respondents of Ramayana Sidoarjo customers who live in Sidoarjo. The data analysis was carried out using the help of the PLS program. The results of the study indicate that service quality, price and security affect customer satisfaction. In addition, it was found that service quality, brand image and discounts affect purchase satisfaction through purchasing decisions. It was also found that purchase satisfaction affects purchasing decisions at Ramayana Sidoarjo. This means that purchasing decisions mediate the relationship between service quality, brand image, and discounts on consumer satisfaction.


Keywords


service quality, brand image, discount, consumer satisfaction, purchasing decisions.

Full Text:

PDF

References


Alfajar, F., Mustainah, Tawil, M., Polii, J. J., 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Makassar Jeans House Kota Palu. Cenderawasih: Journal of Administration and Management Public Literation (Jamil), 1(1), 37 - 50.

Amelfdi, F. J., Ardyan, E., 2021. Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Performa, 5(6), 473–483

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., Rosia, R., 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136.

Adriansyah, D., Saputri, M. E., 2020, Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Go-Food di Kota Bandung, Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI), 3(3), 123-128

Anwar, S., Mujito, M., 2021. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Motor Merek Yamaha Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 189–202.

Arianty, N., Andira, A., 2021. Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50.

Aziza, Ediyanto, Pramesthi, R. A., 2023. Analisis Kualitas Produk dan Diskon Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening Pada Toko Thrift Dinda Sayudha di Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 2(9), 1949-1967

Aulia, G. F., Wulandari, A., Rachman, T., 2024. Pengaruh Promosi Penjualan, Kualitaspelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap keputusan Pembelian di Butik Lala Cikarang. Prosiding Semanis : Seminar Nasional Manajemen Bisnis, 2(1). 822-828

Aristayasa, I. K., Mitariani, N. W. E., Atmaja, N. P. C. D., (2020). Pengaruh Persepsi Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 15(2), 90–103.

Fadil, A., Widiawati, A., Ngandoh, A. M., 2024. Pengaruh Kualitas Produk Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Bonena di Makassar. Jurnal Malomo: Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 29–39.

Fadillah, A., Tiara, S., Elviani, S., 2021. Tinjauan Teoritis Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(3), 531–534.

Faozi, I., Handayani, S., 2019. Analisa Keputusan Pembelian yang Dipengaruhi Harga Promosi dan Kualitas Pelayanan pada PT Bina Pertiwi Semarang. Ekonomi Manajemen dan Akutansi, 47, 44–52.

Fitriani, D., Novitaningtyas, I., 2022. Pengaruh Moderasi Brand Image Terhadap Hubungan antara Promosi dan Loyalitas pada Pelanggan Shopeefood di Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & Sdm, 3(2), 39–49.

Fadhli, K., Pratiwi, N. D., 2021. Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumenposkopi Zio Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603–612.

Gofur, A., 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. 4(1). 37-44.

Hanif, A., Wardhani, M. F., 2024. Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen pada Brand Uniqlo di Kota Semarang. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(6). 4068–4081

Hasanah, U., Oktavia, D. D., 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Shopeefood di Kota Malang. Jamin: Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 5(1), 26–40.

Ismail, T., Yusuf, R., 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 416.

Khumaeroh, F. A., Yanusa, N., Yulianto, A., Riono, S. B., 2023. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Kasus di Toko Kosmetik Levina Beauty Brebes). Jecmer: Journal Of Economic, Management And Entrepreneurship Research, 1(4), 1–14.

Leonard, Y. M. 2023. Analisis Perumusan Strategi Bagi PT Ramayana Lestari Sentosa, TBK. Jurnal Bisnis Terapan, 7(2), 201-220.

Manurung, E., Kartikowati, S., Hendripides, 2024, Pengaruh Flash Sale Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Melalui Aplikasi E-Commerce Shhopee pada Mahasiswa Jurusan PPIPS FKIP Universitas Riau, JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 3(1), 88-93

Manasikana, A., 2021. Pengaruh Price Discount Framing dan Citra Merek Terhadap Niat Beli di Ramayana Palembang dengan Persepsi Konsumen sebagai Variabel Intervening. Skripsi, UIN Raden Fatah Palembang

Mukti, A., Aprianti, K., 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kirani Coffee. Jurnal Bina Manajemen, 10(1), 229–246.

Novitasari, D. A., AC, A., M., 2023, Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Nilna Mukena Ngunut Tulungagung. JMAS (Jurnal Manajemen dan Sains, 8(1), 962–975.

Nizar, N., Silalahi, M., Sofiyan, Sinaga, O. S., 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Fast Food Indonesia, Tbk Kfc Box Ramayana Pematangsiantar. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(2), 151.

Nurmala, R., 2020. Potongan Harga, Distribusi Fisik dan Promosi Penjualan Terhadap Penjualan. Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2, 77–84.

Nauly, C., Saryadi, 2021. Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadaployalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen J.Codonuts&Coffeejavasupermall Kotasemarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(2), 974–983.

Oktaviani, S., Hernawan, E., 2022. Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Lunica. EMABI: Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1(3), 1-12

Puspitasari, N., Aphrodite, N., Sulaeman, E., 2023. Pengaruh Promosi, Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik. Majalah Ilmiah: Warta Dharmawangsa, 17(1), 302–314.

Palilu, A. 2022. Analisis Dampak Hilirisasi Minimarket Alfamart dan Indomaret Bagi Perekonomian Masyarakat dan Pasar Tradisional di Kota Sorong. Jurnal Jendela Ilmu, 3(2), 46–51.

Poha, F. R., Karundeng, D. R., Suyanto, M. A., 2021. Analisis Citra Merek, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survey Pengunjung Kopi dari Hati Marisa). Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 10(1), 86–104.

Prasetya, K. Y. A., Suarmanayasa, I. N., Yulianthini, N. N., 2019. Faktor-Faktor Yang Menentukan Keputusan Pembelian Produk Future Culture Di Singaraja. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(2), 76–81.

Putri, G. E., 2021. Faktor-Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Melalui E-Commerce. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 16(1), 1–8.

Peter, P., Olson, J. C, 2010, Consumer Behavior & Marketing Strategy, McGraw-Hill

Paludi, S., Nurchorimah, S., 2021. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Intervening. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(2), 144–160.

Ritonga, M. A. S., Monang, S., Azhar, A. A., 2022. Peran Humas Madrasah dalam Mengembangkan Brand Image: Studi Kasus Humas MAN Labuhanbatu. Berajah Journal, 979–988.

Sari, W. M., Priyono, A., Rahman, F., 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Merchandise Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Ramayana Departement Store Malang). E-Jurnal Riset Manajemen, 9(8), 188–201.

Septiani, I. T., Widayatsari, A. 2020. Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Produk Fashion Shopie Paris Di Kota Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 11(2).

Setiawan, T., 2024. Pengaruh Brand Image dan Harga Melalui Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online di Rawa Lumbu (Studi pada E-Commerce Zalora). Jurnal Riset Manajemen dan Ekonomi, 2(2).

Shavarani, S. A., Chasanah, A. N., Ikasari, H., Mujib, M., 2024. Pengaruh Instagram Advertising, Program Diskon, dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Ready to Wear di Marketplace Shopee. Journal of Economics And Business UBS, 13(1). 208-220

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alphabet.

Saputro, M., SWH, M. A., 2022. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Krisfite Spicy di Kabupaten Tulungagung. Jurnal Cita Ekonomika, 16(2), 96-110.

Shyreen A. N., Astuti, D. Noviyanti, D., 2022. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen: Kualitas Produk, Harga dan Promosi (Literature Review MSDM). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(1), 174–185.

Sakinah, L. N., Nasution, M. I. P., Harahap, M. I., 2023. Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pra, Masa, Dan Pasca Covid-19. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 20(2), 301–318.

Tjahjono, E. J., Ellitan, L., Handayani, Y. I., 2021. Product Quality And Brand Image Towards Customers’ Satisfaction Through Purchase Decision of Wardah Cosmetic Products In Surabaya. Journal Of Entrepreneurship & Business, 2(1), 56–70.

Yulianto, A. R. Subariyanti, H., Wardhana, A. K., 2020. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi, 22(2), 165-177

Yulianti, A., Basiya, R., 2024. Pengaruh Brand Ambassadordan Discount Priceterhadap Minat Beli Ulang Dimediasi Kepuasan Konsumen Fashion Produk Pada E-Commerceshopee di Semarang. Costing:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(2), 3628-3637

Zaini, A. A., 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen “Warung Bek Mu 2” Banjaranyar Paciran Lamongan). AL Maqashid: Journal of Economics and Islamic Busines,2(2), 47-54




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v9i1.1816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ekonomis: Journal of Economics and Business Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: LPPM Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: ekonomis.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.