Determinants of Firm Value: Can Corporate Social Responsibility Moderate?
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur modal, kebijakan dividen, ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi. Populasi yang digunakan adalah seluruh perusahaan dalam sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Data didapat dari IDX.co.id dan website resmi masing-masing perusahaan. Multiple Regression Analysis dan Moderated Regression Analysis digunakan sebagai teknik analisis dengan menggunakan program SPSS. Selain itu juga melakukan uji asumsi klasik diantaranya uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas dan uji auto korelasi. Hasil pengujian didapatkan hasil struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, kebijakan dividen berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan dan CSR tidak mampu memoderasi antara ukuran perusahaan dengan nilai perusahaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adams, M., & Hardwick, P. 1998. An analysis of corporate donations: United Kingdom evidence. Journal of Management Studies, 35(5), 641–654.
Adnan, M. A., Gunawan, B., & Candrasari, R. 2014. the Influence of Profitability, Leverage, Growth, and Free Cash Flow on the Company’S Dividend Payout Ratio Considering Corporate Governance As Intervening Variable. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 18(2), 89–100.
Allazy, M. R. 2013. Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Likuiditas, Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie, 1(2), 2–3.
Cheng, M.-C., & Tzeng, Z.-C. 2011. The Effect of Leverage on Firm Value and How The Firm Financial Quality Influence on This Effect. World Journal of Management, 3(2), 30–53.
Dewi, Ayu Sri Mahatma & Wirajaya, A. 2013. Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 4(2), 358–372.
Dwipayana, M. A. T., & Suaryana, I. G. N. 2016. Pengaruh debt to assets ratio, devidend payout ratio dan return on assets terhadap nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi Udayana, 17(3), 2008–2035. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/22313
Febriana, E., Djumahir, & Djawahir, A. H. 2016. Kepemilikan Saham Manajerial dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Pada 2011-2013). Jurnal Ekonomi Bisnis, 21(2), 163–178.
Hakim, Luqman & Sunardi, N. 2017. Determinant of Leverage and It’s Implication On Company Value Of Real Estate and Property Sector Listing In BEI Period 2011-2015. Man in India (Financial), 97(24), 131–148.
Hidayah, N., & Widyawati, D. 2016. Pengaruh Profitabilitas , Leverage , Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverages. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(9), 1–19.
Jensen, W & Mackling, W. H. 1976. Theory of the Firm: Managerial Behaviour Agency Cost and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 3, 305–360.
Kholis, N., & Kurniawati, L. 2019. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks LQ45 di BEI Tahun 2015-2017). Seminar Nasional Dan The 6th Call for Syariah Paper.
Lumapow, L.S., & Tumiwa, R.A. 2017. The Effect of Dividend Policy, Firm Size, and Productivity to The Firm Value. Research Journal of Finance and Accounting, 8, 20-24.
Mardiyati, U., Abrar, M., & Ahmad, G. N. (2015). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Manufaktur Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 417–439.
Modigliani, F., & Miller, M. H. 1961. Dividend Policy, Growth, and the Valuation of Shares. The Journal Of Business, 34(4), 411–433.
Paminto, A., Setyadi, D., & Sinaga, J. 2016. The Effect of Capital Structure, Firm Growth and Dividend Policy on Profitability and Firm Value. European Journal of Business and Management, 8(33), 123–134.
Sari, M. R. P. A., & Handayani, N. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Leverage, Terhadap Nilai Perusahaan Transportasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(9), 1–18.
Stacia, E., & Juniarti. 2015. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Bumn Sektor Pertambangan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 3(1), 81–90.
Sudana, I. M., & Arlindania, P. A. 2011. Corporate Governace dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Go-Public di Bursa Efek Indonesia. Journal of Theory and Applied Management, 4(1), 37–49.
Sunardi, N., & Permana, R. D. I. 2019. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham dan Dampaknya Pada Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Minyak dan Gas Bumi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 2(2), 62–72.
Suwardika dan Mustanda. 2017. Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Properti. 6(3), 1248–1277.
Wijaya, B. I., & Sedana, I. . P. 2015. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Dividen dan Kesempatan Investasi Sebagai Variabel Mediasi). E-Jurnal Manajemen, 4(12), 4477–4500.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v8i1.978
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ekonomis: Journal of Economics and Business Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |