Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Periode 2018-2021

Muhammad Fajar Rizqi Widyo Utomo, Batara Daniel Bagana

Abstract


This study aims to analyze and examine the factors that influence firm value. The variables used are company growth, profitability and capital structure. The population in this study are manufacturing companies in the consumer goods industry sector which are listed on the IDX in 2018-2021. The method used in data collection is purposive sampling. The number of samples used were 31 companies and the amount of data used was 124 data. When processing data, there are several company data that must be outliers. After outliers were made, the total sample obtained became 98 data. The analytical method used in this study is the quantitative analysis method. The results showed that the company's growth has no effect on firm value. Profitability has a positive effect on firm value. Capital structure has no effect on firm value.


Keywords


company value, company growth, profitability and capital structure

Full Text:

PDF

References


Aldin, I. 2020, Harga Saham Perusahaan Besar Rontok, IHSG Sesi I Anjlok 3,16%. Retrieved from Datakata.co.id: https://katadata.co.id/agustiyanti/finansial/5e9a41f5c9c75/harga-saham-perusahaan-besar-rontok-ihsg-sesi-i-anjlok-316

Astika, I., Suryandari, N., & Putra, G. 2019. Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2018. Inovasi Baru dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora.

Brigham, F., & Houston, J. 2009. Fundamentals Of Financial Management.

Dewi, M. P., & Candradewi, M. 2018. Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud.

Dhani, I. P., & Utama, A. S. 2017. Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga.

Fahmi, I. 2015. Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta.

Kasmir. 2018. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mumpuni, S., & Maryono. 2022. Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2020. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi.

Novianingtyas, G., & Bagana, B. 2022. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pembagian Dividen Pada Perusahaan Perbankan Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2020. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan.

Nopianti, R., & Suparno. 2021. Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi

Ramdhonah, Z., Solikin, I., & Sari, M. 2019. Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan.

Sembiring, S., & Trisnawati, I. 2019. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi.

Suryandani, A. 2018. Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate. Business Management Analysis Journal (BMAJ).

Ukhriyawati, C., & Dewi, R. 2019. Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan LQ-45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Equilibiria.

Widayanti, L., & Yadnya, I. 2020. Leverage, Profitabilitas, dan Kepemilikan Manajerial Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Real Estate dan Property. E-Jurnal Manajemen.

Zunita, A., & Bagana, B. 2022. Keputusan Pendanaan, Kebijakan Deviden dan Agresivitas Pajak Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v7i2.903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ekonomis: Journal of Economics and Business Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: LPPM Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: ekonomis.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.