Pengaruh E-Rating dan E-Review dengan E-Trust Sebagai Mediasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Lazada di Dago, Bandung)

Donny Indra, Hamida Mushafa Zahra, Sulus Setiono, Dio Rinaldo Putrawan Pratama

Abstract


This study aims to determine the effect of e-rating and e-review on purchasing decisions through e-trust as an intervening variable. The population of this study are all Lazada e-commerce users who are domiciled in Dago, Bandung. The research sample was 130 respondents with the sampling technique used was purposive sampling. Furthermore, this research approach is quantitative with SEM analysis tools assisted by Smart PLS 3 software. The results show that E-rating has a positive and significant effect on purchasing decisions, E-reviews have a positive and significant effect on purchasing decisions, E-trust has a positive and significant effect on purchasing decisions. positive and significant effect on purchasing decisions, E-rating has a positive and significant effect on e-rating, E-review has a positive and significant effect on e-trust, E-trust is able to mediate the effect of e-rating on purchasing decisions and E-trust is able to mediate the effect of e-review on purchasing decisions.


Keywords


E-Rating; E-Review; E-Trust; Purchase Decision

Full Text:

PDF

References


Arbaini, P., Wahab, Z., & Widiyanti, M. 2020. Pengaruh Consumer Online Rating Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(1), 25–33.

Ardianti, A. N., & Widiartanto. 2019. Pengaruhh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Mahasiswa Aktif FISIP UNDIP). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 55–66.

Gabriela, Yoshua, & Mulyandi, M. R. 2022. Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Pelanggan E-Commerce. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(1), 121–125.

Ghozali, I., & Latan, H. 2015. Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair et al. 2014. Multivariate Data Analysis. Pearson Education Limited.

Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. 2020. Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian Pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2), 234–239.

Iskandar, D., & Nasution, M. I. B. 2019. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU). Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 128–137.

Istiqomah, L., & Usman. 2021. Pengaruh Online Customer Review, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Terhadap Mahasiswa Pengguna Platform Pasar Online). Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(1), 76–88.

Julianti, & Aini, Y. 2019. Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Online Marketplace (Studi Mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian). Canos Ekonomos, 8(1), 99–106.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Manajemen Pemasaran (15th ed.). Pearson Education, Inc.

Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. 2013. Importance of Online Product Reviews. Advances in Economics and Business, 1(1), 1–5.

Mulyati, Y., & Gesitera, G. 2020. Pengaruh Online Customer Review Terhadap Purchase Intention Dengan Trust Sebagai Intervening Pada Toko Online Bukalapak Di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi Dan Entrepreneurship, 9(2), 173–194. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538

Pratama, Y. E., Sudarwati, & Istiqomah. 2019. Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee Di Surakarta Ditinjau Dari Kualitas Layanan, Online Customer Review Dan Kepercayaan. Edunomika, 3(2), 445–453.

Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah. 2020. Pengaruh Harga, Keamanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research, 1(1), 1–10.

Putra, D. P., Suprihartini, L., & Kurniawan, R. 2021. Celebrity Endorser, Online Customer Review, Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Bahtera Inovasi, 5(1), 57–65.

Ramadhani, D. A. S., & Prastiwi, A. 2021. Pengaruh Nilai Harga, Ulasan, Kemudahan, Keamanan Dan Rating Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(1), 1–13.

www.katadata.co.id. 2021. Transaksi Lazada Rp 302 triliu dalam Setahun. Www.Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/61bc69ca8d6b4/transaksi-lazada-rp-302-triliun-dalam-setahun#:~:text=Lazada mencatatkan transaksi bruto atau,kali lipat menjadi 130 juta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ekonomis: Journal of Economics and Business Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: LPPM Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: ekonomis.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.