Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif pada Pengguna Aplikasi Tiktokshop

Sri Nuryani, Willem Paul Pattiwael, Muhammad Iqbal

Abstract


This study aims to determine the factors that influence impulse buying on Tiktok Shop users. The independent variables in this study are Sales Promotion (X1), Positive Emotions (X2), Motivation (X3) and Price Perception (X4). The population in this study are all Tiktok Shop users who live in Dago, Bandung. The research sample amounted to 240 and the sampling technique used purposive sampling. In addition, this research is a quantitative correlation with data analysis using multiple linear regression analysis. The results showed that the variables of Sales Promotion (X1), Positive Emotions (X2), Motivation (X3) and Price Perception (X4) had a positive and significant effect on Impulsive Purchases (Y) either partially or simultaneously.


Keywords


Promotion; Positive Emotion; Motivation; Price Perception; Impulsive Purchase.

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, D. P. R. 2020. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148.

Afif, M., & Purwanto. 2020. Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen Shopee ID. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 2(2), 34–50.

Alfarizi, R. A., Rachma, N., & Hufron, M. 2019. Pengaruh Promosi Penjualan Dan Atmosfir Toko Terhadap Pembelian Impulsif Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Superindo Tlogomas Malang. E-Jurnal Riset Manajemen, 75–87.

Alma, B. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Andriani, L. A., & Harti. 2021. Pengaruh Emosi Positif, Potongan Harga Dan Kualitas Website Terhadap Pembelian Impulsif. Forum Ekonomi, 23(3), 454–462.

Arnold, M. J., & Reynold, K. E. 2003. Hedonic Shopping Motivation. Journal of Retailing, 7(9), 77–95.

Cynthia, M., Tjahjadi, D., & Yudhistira, E. 2021. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif Pada Pengguna Aplikasi Shopee. Media Informatika, 20(2), 80–90.

Dewanti, I., & Haryono, A. 2021. Pengaruh Persepsi Harga, Kontrol Diri Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Produk Baju Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2017. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(8), 718–734.

Fernanda, M. 2019. Pengaruh Promosi Penjualan, Data Tarik Iklan Internet Dan Kualitas Website Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(5), 7–12.

Ghozali. 2018a. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan ProgramIBM SPSS 25. (9 (ed.)). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2018b. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair et al. 2014. Multivariate Data Analysis. Pearson Education Limited.

Hermayanti, A. W., & Susantiaji, A. 2022. Analisis Pembelian Impulsif Di Pasar Modern Kota Tegal Pada Saat Pandemi COVID-19. Jurnal Monex, 1(11), 49–60.

Husnain, M., & Waheed, A. M. 2016. Impact of Branding On Impulsebuying Behavior: Evidence From FMCG’s Sector Pakistan. International Journal of Buseness Administration, 7(1), 59–68.

Iliah, L. R., & Aswad, M. 2022. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif Secara Online Pada Masyarakat Kabupaten Kediri. Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(3), 209–224.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Manajemen Pemasaran (15th ed.). Pearson Education, Inc.

Kurniati, R. 2021. Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Produk, Kemenarikan Promosi Dan Uang Saku Yang Mempengaruhi Impulse Buying Dalam Penjualan Online Pada Siswa IPS SMAN 4 Malang. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan, 1(6), 694–702.

Kusnawan, A., Silaswara, D., Andy, & Sefung, T. 2019. Pengaruh Diskon Pada Aplikasi e-Wallet Terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial Di Wilayah Tangerang. Jurnal Sains Manajemen, 5(2), 137–160.

Lubaba, H., & Masyhuri. 2021. Pembelian Impulsif Selama Pandemi COVID-19: Model Mediasi. Jurnal Ekonomi, Bisnid & Manajemen, 11(2), 214–223.

Madeira, J. B. S. 2018. Pengaruh Fashion Ivolvement Terhadap Pembelian Impulsif Pada Produk Fashion Yang Dimediasi Oleh Emosi Positif. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Makal, E. N. 2018. Pengaruh Faktor Situasional Dan Store Atmosphere Terhadap Pembelian Impulsif Dengan Motivasi Belanja Hedonik Sebagai Intervening. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 27–42.

Mavilinda, H. F., Wahab, Z., & Shihab, M. S. 2020. Analisis Pengaruh Motivasi Hedonik Terhadap Pembelian Impulsif Melalui Pencarian Produk Sebagai Variabel Yang Memediasi (Studi Kasus Pada Produk Fashion Di Media Sosial Instagram). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 18(2), 97–112.

Mulyana, A. E., & Pertiwi, A. 2020. Pengaruh Promosi, Atmosfir Toko Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Ritel Modern Di Kota Batam. Journal of Applied Business Administration, 18–22.

Murti, A., & Idris. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Emosi Positif dan Dampaknya Terhadap Pembelian Impulsif Pada Air Asia Indonesia. Diponegoro Journal of Management, 7(4), 1–9.

Ompi, A. P., Sepang, J. L., & Wenas, Ru. S. 2018. Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Pembelian Impulsif Produk Fashion Di Outlet Cardinal Mega Mall Manado. Jurnal EMBA, 6(4), 2918–2927.

Pangkaca, N., Rejeki, A., & Sholichah, I. F. 2021. Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Pembelian Impulsif Belanja Online Pada Karyawan Department Store. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(7), 1177–1187.

Peter, P. J., & Olson, J. C. 2010. Consumer Behavior & Marketing Strategy (9th Editio). McGraw Hill.

Putri, T. V., & Iriani, S. S. 2020. Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Makanan Kekinian Mahasiswa Urban Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1417–1428.

Rook, D. W., & Fisher, R. J. 1995. Normative Influences on Impulse Buying Behaviour. Journal of Consumer Research, 22.

Saputro, A. T. D., & Ismawati, K. 2019. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Impulsif Konsumen (Studi Kasus Konsumen Indomaret Dan Alfamart Di Kecamatan Karanganyar Tahun 2017. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 17(2), 7–18.

Setiawati, A., & Zulfikar, R. 2021. Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Emosi Positif Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Pada Konsumen Merdeka Arcade Factory Outlet). Journal of Economics, Management, Business and Accounting, 1(2), 139–146.

Triyanti, M. D., Merah, E. L. K., Gratia, G. P., Paringa, T., & Primasari, C. H. 2022. Fenomena Racun Tiktok Terhadap Budaya Konsumerisma Mahasiswa Di Masa Pandemi COVID-19. Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 193–200.

Ummah, N. M., & Rahayu, S. A. 2020. Fashion Involvement, Shopping Lifestyle dan Pembelian Impulsif Produk Fashion. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 33–40.

Wardah, N. A., & Harti. 2021. Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Avoskin Di Shopee. Management Development and Applied Research Journal, 4(1), 121–132.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ekonomis: Journal of Economics and Business Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: LPPM Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: ekonomis.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.