Pengaruh Word of Mouth, Product Quality Aplikasi Shopee terhadap Purchase Intention dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening

Fiki Praditya Arnanda

Abstract


This study aims to determine the effect of Word Of Mouth (WOM), Product Quality (PQ), Brand Image (BI) on Purchase Intention (PI) on the Shopee application. The data collection technique uses a non-probability sampling method, which is a data or sample collection technique so that all data may not be selected as a sample of the same size. Based on the policy of the researcher in determining the sample elements to be used. In this non-probability sampling, the element to be used has an uncertain nature. This research is a type of quantitative research and uses primary data. The data analysis method used multiple linear regression analysis using SPSS version 23. The results of this study indicate that Word of Mouth (WOM) has a positive and significant effect on Purchase Intention (PI). Product Quality (PQ) has no significant positive effect on Purchase Intention (PI). Brand Image (BI) has a positive and significant effect on Purchase Intention (PI). The effect of Word Of Mouth (WOM) on Purchase Intention (PI) through Brand Image (BI) as an intervening variable is accepted. The effect of Product Quality (PQ) on Purchase Intention (PI) through Brand Image (BI) as an intervening variable is accepted.


Keywords


Word Of Mouth; Product Quality; Purchase Intentions; Brand Image

Full Text:

PDF

References


Aries, Muhammad, dan Sunarti Sunarti. 2018. Pengaruh Word Of mouth terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian (Survei Pada Make up Artist yang Membeli dan Menggunakan Produk KRYOLAN di Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Administrasi Bisnis, 60(3), 36–44.

Arifin, Endro, dan Achmad Fachrodji. 2015. Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Ban Achilles di Jakarta Selatan. Jurnal MIX, 5(1), 124–43.

Broto, Bayu Eko, dan Kualitas Air Bersih. 2017. Analisis Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening. 4(2), 114–24.

Febriani, Reni, dan Mirza Abdi Khairusy. 2020. Analisis Pengaruh Celebrity Endorser/Brand Ambasador, Harga Dan Desain Produk Yang Dimediasi Oleh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Shopee. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan 3(1), 91–109.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indra, Carolus. 2018. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Purchase Intentiondengan Brand Image Dan Perceived Service Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Program Kpr Bersubsidi Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran 12(1).

Mahendrayasa, A. 2014. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Pengguna Kartu Selular GSM IM3 Angkatan 2011/2012 dan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 12(1), 82799.

Nasution, Siti Lam’ah, Christine Herawati Limbong, dan Denny Ammari Ramadhan. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) 7(1), 43–53.

Prawira, Bayu, dan Ni Yasa. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 3(12), 253856.

Ruhamak, M Dian, dan Budi Rahayu. 2017. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Dynamic English Course Pare. Ekonika : Jurnal ekonomi universitas kadiri 1(2), 188–204.

Situmorang, I., J. Jushermi, dan M. Marhadi. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Merek Pond’s pada Remaja di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau 4(1), 72–86.

Syaleh, Hariman. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Pendistribusian Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Cv. Tjahaja Baru Bukittinggi. 1(1), 68–82.

Yoeliastuti, Yoeliastuti, Evalina Darlin, dan Eko Sugiyanto. 2021. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Penjualan Online Shopee. Jurnal Lentera Bisnis 10(2), 212.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ekonomis: Journal of Economics and Business Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: LPPM Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: ekonomis.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.