Kepuasan Belanja Fashion Online dan Offline (Studi pada Muslimah Kecamatan Selebar Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu)
Abstract
The purpose of this study is 1) to determine the effect of product quality, price, service quality, emotional factors, cost and convenience on fashion online and offline. 2) to compare fashion online and offline. This type of research is comparative associative with a quantitative approach. The research subjects were 130 women aged 20-40 years in Selebar District, Bengkulu City.was a Purposive sampling technique used to take samples. Data analysis used multiple linear regression and dependent t-test. The results showed that there was a simultaneous influence of product quality, price, service quality, emotional factors, cost and convenience on fashion online and offline. From the results of the equation product quality, price, cost and convenience affect offline, service quality and emotional factors have no effect offline. Meanwhile, from the results of the equation product quality, price, and service quality do not affect online fashion, emotional factors, cost and convenience influence online fashion. The results of this study also mention that there is a difference between fashion online and offline
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditia, I., & Suhaji. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan pada UD Pandan Wangi Semarang The Factors which Influence Customer ’ s Satisfaction at UD . Pandan Wangi Semarang, 1(1), 1–19.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Reneke Cipta.
Aulia, M., & Hidayat, I. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Amanda Brownies. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(5), 1–17.
Basuki. 2021. Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Carminanda. 2020. Transaksi Belanja Online di Bengkulu Naik 75 persen Selama Pandemi. bengkulu.antaranews.com. Bengkulu. Diambil dari https://www.google.com/amp/s/bengkulu.antaranews.com/amp/berita/135544/transaksi-belanja-online-di-bengkulu-nail-75-persen-selama-pandemi
Djaali, H. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Foster, B. 2017. Pengaruh Pengalaman Belanja Online Produk Fashion terhadap Kepuasan dan Niat Beli Ulang Pelanggan Zalora serta Berrybenka. Kontigensi, 5(1), 68–76.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. 2019. Multivariate Data Analysis (Eighth Edi.). Pearson Prentice Hall.
Hamzah, Z., Arif, M., & Nisa, C. 2019. Analisis Komparasi Strategi Pemasaran dalam Transaksi Jual Beli Online dan Offline pada Hijab (Studi Kasus : Mahasiswi Universitas Islam Riau). SYARIKAT : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 2(1), 16–26.
Harahap, D. A., & Amanah, D. 2018. Perilaku Belanja Online di Indonesia: Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 9(2), 193–213.
Hartanto, I. S., Yuwono, A. R., & Ananda, R. 2021. Fenomena perilaku dan sikap belanja Offline dan Online Shopping pada Masyarakat Millenial di Jakarta. Jurnal Seni & Reka Rancang, 3(2), 173–188.
Irawan, H. 2008. Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan (Pertama). Jakarta: Jakarta: PT Gramedia.
Islami, V. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan , Servicescape dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 3(2), 203–208.
Jaya, I. M. L. M. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Jum’ayah, & Syarfan, L. O. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Dalam Memilih Berbelanja Fashion (Pakaian) Pada Online Shop Lazada (Survei Pada Mahasiswa Fisipol Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, 4(1), 56–70.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Marketing Management. United State: Pearson Education, Inc.
Kristanto, J. O. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Cafe One Eighteenth Coffe. AGORA Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis, 6(1), 1–11.
Lidwina, A. 2021. Produk Fesyen Jadi Primadona di E-Commerce (2020). databoks.katadata.co.id. Jakarta. Diambil Agustus 15, 2021, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/09/produk-fesyen-jadi-primadona-di-e-commerce
Lupiyoadi, R. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktek). Depok: Depok: Salemba Empat.
Nasution, S. M. A., & Nasution, A. E. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Faktor Emosional Biaya Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Jasa Gojek Di Medan. Seminar Nasional Kewirausahaan, 2, 142–155).
Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Jakarta: Ghalia Indonesia.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nuraini, D., & Evianah. 2019. Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Baju Secara Online dan Offline. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 15(2), 231–239.
Ofela, H., & Agustin, S. 2016. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kebab Kingabi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(1), 1–15.
Oktaviani, W. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan, Emosional Pelanggan, dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 140–152.
Pane, D. M., Punia, I. N., & Nugroho, W. B. 2018. Fashions ebagai Penciptaan Identitas Diri Remaja Di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Sosiologi (SOROT), 1(2), 1–9.
Perdana, E. 2016. Olah Data Skripsi dengan SPSS 22 (Pertama.). Bangka Belitung: LAB KOM Manajemen FE UBB.
Pratita, B. W. A., Heri, P., & Sutrisno. 2018. Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Pelanggan di Kober Bar Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 497–503.
Putra, A., & Sari, P. P. L. 2020. Faktor Pendorong Belanja Online Pada Pegawai di FKIP Universitas Asahan. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan ke-4 Tahun 2020 Tema : ”Sinergi Hasil Penelitian Dalam Menghasilkan Inovasi Di Era Revolusi 4.0” Kisaran, 19 September 2020 (hal. 385–393). Universitas Asahan.
Qolbi, T. A., Febriani, R., & Muslim, A. 2017. Antara Berbelanja Di Online Shop Dengan Offline Shop Di Kampus Institut Agama Islam Darussalam ( Iaid ) Ciamis. Syari’ah Economics, 1(1), 59–70.
Rafidah, & Lasika, M. D. 2019. Pengaruh Kepercayaan Merek, Kualitas Pelayanan Islami Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Outlet Rabbani Di Kota Jambi. Iltizam Journal Of Shariah Economic Research, 3(2), 60.
Ridwan, M., Harahap, I., & Harahap, P. 2018. Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap ( Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada Di Medan ). j-EBIS, 3(2), 132–147.
Rufliansah, F. F., & Seno, A. H. D. 2020. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Rainbow Creative Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, IX(Iv), 389–401.
Santoso, S. 2016. Panduan Lengkap SPSS Versi 23. Jakarta: Elekmedia Computindo.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. 2015. Dasar Metodologi Penelitian (Cetakan 1.). Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, W. 2015. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sulasih, & Oktiana, R. D. 2019. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Produk Halal Online pada Pondok Pesantren di Purwokerto. Indonesian Journal of Islamic Business and Economics, 01(01), 7–21.
Tantri, A. P., & Widiastuti, T. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan pada Toko Kosmetik Candra Semarang (Some Factors That Influence Customer Satisfaction at Toko Kosmetik Candra Semarang). Fokus Ekonomi, 8(1), 60–71.
Tjiptono, F., & Chandra, G. 2016. Service Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Untari, D. T. 2008. Metodologi Penelitian: Penelitian Kontemporer Bidang Ekonomi dan Bisnis (Cetakan Pe.). Jawa Tengah: CV. Pena Persada Redaksi.
Zikra, R., & Yusra, Z. 2016. Kepuasan wanita berbelanja produk Fashion Berdasarkan Cara Membeli. RAP UNP, 7(1), 55–66.
Zulkarnain. 2019. Emosional : Tinjauan Al- Qur ’ an dan Relevansinya Dalam Pendidikan. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 89–100.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.446
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ekonomis: Journal of Economics and Business Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |