Pengaruh Fasilitas terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring pada SMP Swasta Erlangga Pematangsiantar
Abstract
The purpose of the study was to determine the effect of work facilities on teacher performance in online learning at Erlangga Private Junior High School Pematangsiantar. This research uses quantitative descriptive analysis method and documentation method. The data analysis technique started from normality test, simple linear analysis, correlation coefficient and determination and hypothesis testing with the help of the IBM SPSS Version 21 program. The results of the simple linear regression analysis showed that there was a positive influence of facilities on teacher performance. The results of the correlation coefficient analysis show that there is a strong and positive relationship between facilities and teacher performance. The results of the partial test with the t test H0 were rejected, meaning that there was a positive and significant influence between the facilities on the teacher's performance.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andang, 2014 Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Barnawi, A. M. 2012 Manajemen sarana Prasana sekolah. Jakarta: AR-RUZZ Media.
Edison, E., Anwar, Y. and Komariyah, I. 2017 Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Jakarta : Salemba Empat.
Ernawati, Saan, Z. and Zulkarnain, 2021, Pengaruh Manajemen Pembiayaan Pendidikan dan Fasilitas Pembelajaran terhadap Kinerja Guru di Lingkungan Yayasan Pendidikan Cendana Pekanbaru, Instructional Development Journal (IDJ), 4(1), 51–59. doi: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v4i1.12920.
Fitriani, N. 2013, Pengaruh Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 38–47. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/37055-ID-pengaruh-persepsi-guru-tentang-kepemimpinan-kepala-sekolah-dan-fasilitas-kerja-t.pdf.
Harpis, M. and Bahri, S. 2020, Pengaruh Fasilitas Kerja, Pengawasan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Serdang Bedagai, Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 13–28. doi: 10.30596/maneggio.v3i1.4760.
Heriati and Daulay, P. H. 2020, Pengaruh Lingkungan Kerja, Fasilitas Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Di Yayasan Pendidikan Azadin Anhar Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat, JMB (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 2(20), 182–188. doi: https://doi.org/10.30743/jmb.v2i2.2903.
Hidayatullah, R. 2018, Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru Ips SMP dan MTs di kecamatan marioriwawo kabupaten soppeng.
Manullang, M. 2017 Manajemen. Medan: Medan : Akasha sakti.
Mulyasa, E. 2017, manajemen berbasis sekolah. Edited by Muclish. bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pendidikan, K. 2020, Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease. Indonesia.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru 2007.
Presiden republik Indonesia, 2003, Sistem Pendidikan Nasional.
Purwanto, H. 2013, Kondisi fasilitas belajar pada SMK Karang Rejo Satria Budi Karang rejo’.
Putra, E. 2018, Pengaruh Fasilitas Kerja, Lingkungan Kerja, dan Budaya Organisasi Terhadap Semangat Kerja Guru Pada MTs Al-Huda PekanBaru, Riau Economics and Business Reviewe, 9(1), 19. doi: https://doi.org/10.36975/jeb.v9i1.13.
Rahayuningtyas, S. R. and Yulianto, A. 2016, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pengelolaan Yayasan, Fasilitas Sekolah, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK, Economic Education Analysis Journal, 5(3), 969–982. Available at: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13598.
Rasdi, R. 2021, Pengaruh Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pada Guru SMPN 8 Kota Jambi, Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), 487. doi: 10.33087/ekonomis.v5i2.403.
Rizal, A. Sy. and Nurjaya, 2013, Pengaruh Keterampilan Kepala Sekolah, Budaya Kerja, Dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru Sd Pada Yayasan Tadika Puri, in Proceeding Universitas Pamulang, 1689–1699. Available at: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/5250/3728.
Rodi, M., Oktafiah, Y. and Wahyudi, P. 2020, Pengaruh Kedisiplinan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Guru (Studi Pada SMKN 1 Grati), Jurnal EMA, 4(2), 70–80. doi: 10.47335/ema.v4i2.40.
Supardi, 2020, Kinerja Guru. I. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.
Winarsih, S. 2018a, Pengaruh Fasilitas dan Kreativitas Guru’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Winarsih, S. 2018b, Pengaruh Fasilitas dan Motivasi terhadap Kinerja Guru, 53(9), 1689–1699.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.433
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ekonomis: Journal of Economics and Business Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |