Pengaruh Brand Image dan Company Reputation Terhadap Customer Loyalty dengan Customer Value sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Customer Sepeda Motor Honda di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)
Abstract
This research aims to examine the influence of brand image and company reputation on customer loyalty with customer value as an intervening variable for branded motorbike customers. The research method is quantitative and has a population of people who use Honda brand motorbikes, with a sample of 102 respondents. Furthermore, the analysis technique implements multiple linear regression analysis. The test results showed that (1) no significant positive influence was found between brand image and customer value; (2) there is a significant positive influence between company reputation on customer value; (3) no significant positive influence was found between brand image on customer loyalty; (4) there is a significant positive influence between company reputation on customer loyalty; and (5) there is a significant positive influence between customer value and customer loyalty.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, R., & Ayani, S. 2020. Optimalisasi Membangun Brand Image Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Value dan Customer Retention sebagai Variabel Intervening. Ekonomi Bisnis, 26(1), 268–279.
Andi Iswandi, & Rahayu Tiastitiy. 2015. Analisis Pengaruh Reputasi Perusahaan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Moderasi. 15, 217–226.
Asy’ari, A. H. 2018. Pengaruh Distribusi, Layanan Purna Jual, Citra Merek dan Fanatisme Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Mobil Merek Toyota di Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 4(3), 377–390.
Denise Watak, Wadud, & Rosni. 2017. Pengaruh Customer Value Terhadap Loyalitas Pelanggan Cafe Reload Kitchen Kota Palembang.
Diab Balqis. 2009. Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Meningkatkan Retensi Pelanggan (Studi Kasus Pada Gies Batik Pekalongan).
Fermayan, Egim, & Atsarina. 2021. Pengaruh Nilai Konsumen dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Rakyat Indonesia. 4(3).
Julina. 2018. Pengaruh Komunikasi dari Mulut ke Mulut Terhadap Citra Merek dan Reputasi Perusahaan Serta Dampaknya pada Nilai Pelanggan. 15, 67–76.
Koronis, & Ponis. 2012. Introducing Corporate Reputation Continuity to Support Organizational Resilience Against Crises. The Journal of Applied Business Research, 28(2).
Miran, Ikas. 2021, Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan: Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Sepeda Motor Honda di Kabupaten Kampar). Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(2), 129-140
Prasetya & Farida. 2018. Pengaruh Brand Image dan Service Quality Terhadap Repurchase Intention melalui Cutomer Value sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Jasa Bus PT Pahala Kencana Cabang Kudus Jurusan Kudus-Jakarta Kelas Eksekutif). Jurnal Administrasi Bisnis, 10
Prayogo, & Andreani. 2014. Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Persepsi Nilai Sebagai Variabel Perantara di TX Travel Surabaya. New Scientist, 165(2229), 15.
Sebayang, S. K., & Situmorang, S. H. 2019. Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Kedai Kopi Online di Kota Medan.
Siregar, M. 2021. Hubungan Diantara Kepercayaan Pelanggan dengan Loyalitas Pelanggan Terhadap Online Shop. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan (J-P3K), 2(1), 83–88.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Warusman Juwono Dwi, & Untarini Nindria. 2016. Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Anggota Komunitas Sepeda Motor Honda Vario 125cc di Surabaya).
Widiaswara, T. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Air Minum dalam Kemasan ClubdDi Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6, 1–15.
Wijayanto, I., & Iriani, S. S. 2013. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(3), 910–918.
Williams, M., Buttle, F., & Biggemann, S. 2012. Relating word-of-mouth to corporate reputation. public communication review, 2(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v8i1.1401
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ekonomis: Journal of Economics and Business Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |