Pengaruh Influencer dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kahf dengan E-Commerce sebagai Moderating

Dwi Subianto, Kustiadi Basuki

Abstract


This study aims to determine the effect of influencers and product innovation on Kahf buying decisions with e-commerce as moderating. Data analysis used the SmartPLS version 4.0 tool with a sample size of 154 respondents. The population in this study are consumers in North Jakarta with purposive sampling. The results in this study are that influencers and innovations have a significant and positive influence on purchasing decisions. E-commerce as moderation strengthens the relationship between influencers and purchasing decisions. E-commerce as a moderator weakens the relationship between product innovation and purchasing decisions.


Keywords


influencers; product innovation; purchase decision; e-commerce

Full Text:

PDF

References


Adelweis, KCPAZ, 2022, Pengaruh Citra Merek, Beauty Influencer dan Instagram terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina di Kota Majenang. Skripsi, STIM YKPN Yogyakarta.

A, F., Naufal, B., & Abubakar, R. 2018. Pengaruh Kemampuan Inovasi terhadap Keputusan Pembelian Roti Bantal melalui Daya Tarik Produk dan Daya Tarik Promosi sebagai Variabel Mediasi di Kota Banda. Jurnal Manajemen Indonesia (J-MIND), 2(1), 31–47.

Basuki, K. 2022. Pengaruh Kualitas Produk Dan Minat Belanja Terhadap Kepuasan Pelanggan yang di Moderasi oleh E-commerce. Journal Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 10(2), 84–100.

Bramantya, Y. B., & Jatra, M. 2018. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter Mx di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(3), 1745–1771.

Darmawan, R., & Martini, E. 2019. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Smartphone OPPO). E-Proceeding of Management, 6(2), 2341–2347

Hanum, A. N., & Sinarasri, A. 2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi E-commerce dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus UMKM Di Wilayah Kota Semarang). 1–15.

Hayati, S., & Lailatussadah. 2016. Validitas dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan (PAKEM) Menggunakan Model RASCH. Jurnal Ilmiah DIDAKTA, 16(2), 169–179.

Khuong, M. N., & Duyen, H. T. M. 2018. Personal Factors Affecting Consumer Purchase Decision towards Men Skin Care Products — A Study in Ho Chi. International Journal of Trade, Economics and Finance, 7(2).

Manap, A. 2022. E-Commerce Dan Inovasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Pada Pt. Ramayana Lestari Sentosa Tbk. Jurnal Economia, 1.

Novianti, K. F., & Lestari, F. 2021. Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada e-Commerce Tokopedia. Banking & Management Review, 10(1), 1369–1385.

Naufal, Daffa Muhammad & Susilo Toto Rahardjo, 2022, Pengaruh Pemasaran Produk Personal Care Pria Kahf Melalui Internal dan External Social Influencer Terhadap Minat Pembelian dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening di Kota Semarang, Diponegoro Journal Of Management, 11(3), 1-15

Octavia, A. 2020. Impact On E-Commerce Adoption On Entrepreneurial Orientation And Market Orientation In Business Performance Of SMEs. 10(5), 516–525.

Pakan, E. D., & Parwanto, S. 2022. Pengaruh Beauty Influencer dan Kualitas Produk Facial Wash Garnier Di Surabaya. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 5(3), 764–772.

Putri, Rendikasari Febriana, 2022, Pengaruh Pemasaran Digital, Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran pada Usaha Mikro Pangan Olahan di Wilayah Kelurahan Semolowaru Kota Surabaya. Skripsi, UPN Veteran Jawa Timur.

Safira, N. D. 2019. Pengaruh Inovasi Produk dan Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Wardah Di Wilayah Surabaya Barat.

Silvia, C., & Atnan, N. 2019. Pengaruh Testimonial Review Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Di Kota Bandung (Studi Pada Produk Freeman Dalam Video Suhay Salim). EProceedings of Management, 6(1), 1714–1721.

Soetanto, J. P., Septina, F., & Febry, T. 2020. Pengaruh Kualitas Produk Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amondeu. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5

Sugiyono. 2016. Definisi dan Operasional Variabel Penelitian.

Tran, A., Rosales, R., & Copes, L. 2020. Paint a Better Mood ? Effects of Makeup Use on YouTube Beauty Influencers. Journal Sage, 10(2).

Wardhana, A. 2018. Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan. August.

Wijaya, I. G. N. S., Pratami, N. W. C. A., & Yasa, I. G. D. 2022. Keputusan Pembelian E-Commerce Selama Pandemi: Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Harga, dan Sikap Konsumen. Jurnal Manajemen, 14(1), 26–37.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v8i1.1322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ekonomis: Journal of Economics and Business Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: LPPM Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: ekonomis.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.