Pengaruh Ekspektasi Pendapatan dan Pemahaman Akuntansi terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa
Abstract
This study aims to examine the effect of income expectations and understanding of accounting on students entrepreneurial interest, and to test whether Tri N’s teaching moderates the relationship. The researtch was conducted on accounting study program students at univesities in Yogyakarta. Research data obtained through the distribution of questionnaires. The samples in this study were processed using the slovin formula which resulted in 440 samples. Research data using spss with multiple linear regression and Moderated Regression Analiysis (MRA). The hypothesis testing method uses a significant level of 5%. The results of this study indicate that income expectations have a positive effect on student entrepreneurship interest. Accounting understanding has a positive effect on student entrepreneurship interest. The Tri N teachings can strengthen income expectations and understanding of accounting on students interest in entrepreneurship.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayem, S., & Nugroho, M. M. 2020. Pengaruh Pemahaman Akuntansi Koperasi Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas tanpa Akuntabilitas Publik, Tingkat Kompetensi, dan Sistem Pengendalian Intern terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 12(1), 27–40.
Ayem, S., Prihatni, Y., & Sari, Ertina. 2022. Pengaruh Sistem Among Dan Asas Kemerdekaan Pada Ajaran Tamansiswa Terhadap Pemahaman Akuntansi Keuangan. 18(8.5.2017), 2003–2005.
Erawati, T., & Setyaningrum, L. 2021. Pengaruh Lama Usaha dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan UMKM. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(1), 51–60.
Erawati, T., & Wati, R. E. 2021. Pengaruh Niat, Modal Sosial dan Peran Universitas Terhadap Minat Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa. Ilmiah Akutansi, 12(2), 105–118.
Fitri, P. R. 2021. Pengaruh Minat Berwirausaha Terhadap Pendapatan Jual Beli Online Bagi Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah UIN Suska Riau). Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Dan Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 19.
Istanti, E., Nusantoro, J., & Sari, G. P. 2020. Pengaruh Tingkat Pemahaman Akuntansi, Persepsi Biaya Terhadap Niat Untuk Mengambil Sertifikasi Profesi Chartered Accountant (CA) dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderasi(Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Metro). Jurnal Akuntansi Aktiva, 1(2), 191–209.
Karsudjono, A. J. 2020. Analisis Pengaruh Pemahaman Akuntansi Dan Keaktifan Mahasiswa Terhadap Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai Sak Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Stie Pancasetia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 6(2), 192–201.
Nihayah, R., & Prihatni, Y. 2019. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Ipa Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas V Sd Negeri Poncowarno Kabupaten Kebumen. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(3).
Nisa, A. F., Prasetyo, Z. K., & Istiningsih, I. 2019. Tri N (Niteni, Niroake, Nambahake) Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. El Midad, 11(2), 101–116.
Noor, R., & Anwar, S. 2022. Pengaruh Motivasi, Ekspektasi Pendapatan, dan Persepsi Mahasiswa terhadap Minat Berwirausaha dengan Pemahaman Akuntansi sebagai Variabel Moderating. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(1), 227–243.
Rohmah Siti, D. 2021. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Locus Of Control Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (Feb) Universitas Pasundan Bandung. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
Sari, P. P. 2020. Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Motivasi, Pendidikan Kewirausahaan, Dan Norma Subyektif Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2013-2014). 7, 1–16.
Syafri Samsudin. 2021. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Ekspektasi Pendapatan, Locus Of Control, dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Program Studi Manajemen FEB Universitas Muhammadiyah Magelang. Skripsi, 1–57.
Wijayanti, N., Arigiyati, T. A., Aulia, F., & Widodo, S. A. 2021. Developing of E-Worksheet Linear Equations and Inequalities Based on Tri-N. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), 245–260.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v7i2.1212
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ekonomis: Journal of Economics and Business Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |