Pengaruh Kenaikan PPN, Celebrity Endorser terhadap Minat Daya Beli Konsumen pada Produk Skin Care dengan Kualitas Produk sebagai Variabel Moderasi
Abstract
The purpose of this research is to determine how rising Value Added Tax (VAT), celebrity endorsers on consumer purchasing power interest in skin care products with product quality as moderation. The research was conducted on female students of the Faculty of Economics, Sarjanawiyata Tamansiswa University for the 2019-2020 period. Research data can be obtained through the distribution of questionnaires. The sample in this study was processed using the slovin formula which resulted in 173 samples. The research data was processed using SPSS with multiple linear regression and Moderate Regression Analysis (MRA). The hypothesis testing method uses a significance level of 5%. The results of this study indicate that the increase in VAT has a positive effect on consumer purchasing power. celebrity endorser has a positive effect on consumer purchasing power interest. Product quality is able to moderate the increase in VAT and celebrity endorsers on consumer purchasing power.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. 2022. Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504.
Annisa Intan Lestari, E. R. 2015. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Kartu AS (Studi Kasus pada Penduduk Bandung). Manajemen Bisnis Indonesia, 2(2), 393–406.
Ernawati, D. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17.
Hayati, M. N. 2019. Produk dan Celebrity Endorser Terhadap Indah Cosmetic Magelang.
Jati, S. N. 2017. Metodologi Penelitian.
Mardiatmoko, G.-. 2020. Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342.
Mardiyah, N. K. 2022. Pengaruh Harga, Promosi, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada Klinik Kecantikan Naavagreen di Yogyakarta.
Margadoni, F. A. D. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Kecantikan Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Pada Konsumen Skincare Ammora Lumajang). 1–8.
Marini, Y. C. 2021. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Sirkah Purbantara Utama, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 10, 1–18.
Mulyo Agung. 2012. Analisis Pengaruh Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPNBM) Terhadap Daya Beli Konsumen Pada Barang Elektronika (Studi Empiris Pada Konsumen Barang Elektronika di Glodok Jakarta Kota), Repository UIN JKT.
Rabbani, A. 2021. Pengertian Minat Beli, Aspek, Faktor, dan dikator Tahapanya. 1–10.
Ratnasari, I. 2020. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian pada Klinik Kecantikan di Ponorogo (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo). 32.
Rizaldi, A. 2017. Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Cosmetic Wardah. 7, 6.
Rosandi, A. D. 2021. Pengaruh profitabilitas, inventory intensity terhadap tax avoidance dengan kepemilikan institutional sebagai pemoderasi. 3(2), 6.
Sugiyanto, E. S. 2021. Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Produk Deavhijab Fashion The Influence Of Celebrity Endorsment For Buying Interest In Deavhijab Fashion Products. Jurnal Humanis (Humanities, Management and Science Proceedings), 1(2), 406–412.
Varadila, elsa. 2018. Pengaruh Beauty Vlogger Nanda Arsinta Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Kosmetik Emina di Jakarta.
Wibowo, F. P. 2014. Pengaruh Penerapan PMK NO-121/PMK.011/2013 Atas Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPNBM) Terhadap Daya Beli Konsumen Pada Barang Elektronika. c.
Woen, N. G. 2021. Pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, promosi, dan harga normal terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. 10(2), 146–163.
Yuriev, A., Dahmen, M., Paillé, P., Boiral, O., & Guillaumie, L. 2020. Resources , Conservation & Recycling Pro-environmental behaviors through the lens of the theory of planned behavior : A scoping review. 155(December 2019).
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v7i2.1044
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ekonomis: Journal of Economics and Business Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |