Pengaruh Internal dan Eksternal Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Properti dan Real Estate
Abstract
This study aims to test and analyze the influence of leverage, liquidity, inflation, and interest rates on the value of the company. Property and real estate companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016-2019 as a population. Purposive sampling method for sampling and research is quantitative type. The data sources used secondary data are obtained from annual financial statements and analysis used multiple linear regressions. The results of research into external factors of the company namely inflation and interest rates influenced the increase in the value of the company. While the company's internal factors namely leverage and liquidity do not affect the increase in the value of the company.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, S. Y., & Sha, T. L. (2020). Pengaruh Capital Structure, Profitability, Firm Size, dan Leverage Terhadap Firm Value. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanegara, 2(1), 215–223.
Alfilail, N. (2014). Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, kebijakan dividen, inflasi, dan tingkat suku bunga terhadap nilai perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011). Universitas Multimedia Nusantara.
Arfin Taniman, J. (2020). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Paradigma Akuntansi, 2(3), 1372–1379.
Astutik, D. (2017). Pengaruh Aktivitas Rasio Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Industri Manufaktur). Jurnal STIE Semarang, 9(1), 32–49.
Awulle, I. D., Murni, S., & Rondonuwu, C. N. (2018). Pengaruh Profitabilitas Likuiditas Solvabilitas Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).
Gabriela, A., & Widyasari. (2019). Pengaruh Capital Structure , Profitability , Firm Size , Dan Firm Growth Terhadap Firm Value. Jurnal Multiparadigma Akuntansi, I(2), 255–262.
Hamidah, Hartini, & Mardiyati, U. (2015). Pengaruh Inflasi, Suku Bunga Bi,Profitabilitas, Dan Risiko Finansial Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Properti Tahun 2011-2013. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 395–416. https://doi.org/10.21009/jrmsi.006.1.04
Hasania, Z., Murni, S., & Mandagie, Y. (2016). Pengaruh current ratio , ukuran perusahaan struktur modal , dan roe terhadap nilai perusahaan farmasi yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2011 – 2014. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(03), 133–144.
Hendayana, Y., & Riyanti, N. (2019). Pengaruh inflasi, suku bunga, likuiditas, dan leverage terhadap nilai perusahaan. Kinerja, 2(1), 36–48.
Hidayat, W. W. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan , Return on Equity dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Forum Ekonomi, 21(1), 67–75.
Insani, S. N., Nurinasari, N., Sa’diah, L. A., & Radianto, D. O. (2019). Analisis Pengaruh Faktor Fundamental terhadap Return Saham (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 - 2017). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(1), 43–57.
Japhar, L., Mangantar, M., & Baramuli, D. N. (2020). Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA, 8(4), 310–321.
Khamidah, B. (2019). Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Non Performing Financing (NPF), Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Profitabilitas (ROA) pada Bank Umum Syariah di Indonesia (Tahun 2015-2018). IAIN SALATIGA.
Lumoly, S., Murni, S., & Unta, V. N. (2018). Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Logam Dan Sejenisnya Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal EMBA, 6(3), 1108–1117. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20072
Meivinia, L. (2018). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, struktur Modal, Dan Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 380–393.
Natasiya, A. Y., & Idayati, F. (2020). Pengaruh Struktur Modal dan Faktor Eksternal Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Llmu Dan Riset Akuntansi, 9(4), 1–18.
Noerirawan, M. R., & Muid, A. (2012). Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010). Diponegoro Journal of Accounting, 1(2), 1–12.
Noviyanti, V., Mardani, R. M., & Wahono, B. (2019). Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan tingkat suku bunga terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman tahun 2014-2017. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(1).
Oktrima, B. (2017). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan (Studi Empiris: PT. Mayora Indah, Tbk. Tahun 2011 – 2015). 1(1), 98–107.
Pasaribu, U., Nuryartono, N., & Andati, T. (2019). Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 5(3).
Permana, A. A. N. B. A., & Rahyuda, H. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Likuiditas, Dan Inflasi Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 8(3), 1577–1607.
Prasitadewi, M. S., & Putra, I. N. W. A. (2020). Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 30(6), 1397–1413.
Putra, A. N. D. A., & Lestari, P. V. (2016). Pengruh Kebijakan dividen, Likuiditas, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(7), 4044–4070. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i05.p25
Rachman, N. A. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Sektor Industri Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada Tahun 2011-2015. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(5), 405–416.
Ralina, L., & Prasetyo, A. (2019). Pengaruh kinerja keuangan dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan pertambangan di ISSI periode 2013-2017. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 6(9), 1795–1803.
Riny. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. JWEM STIE MIKROSKIL, 8(2), 139–150. https://doi.org/10.31940/jbk.v14i3.1058
Sartika, U. D., Siddik, S., & Choiriyah. (2019). Pengaruh inflasi, suku bunga, nilai tukar, dan produk domestik bruto terhadap nilai perusahaan. 9(2), 75–89. https://doi.org/10.32502/jimn.vXiX.XXXX
Suryantini, N. P. S., & Arsawan, I. W. E. (2014). Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Nilai Perusahaan (PBV) dan Harga Saham Terhadap Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(2), 91–101.
Suwardika, I. N. A., & Mustanda, I. K. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1248–1277.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.199
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ekonomis: Journal of Economics and Business Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |