Pengaruh Price Discount, Store Atmosphere, Display Product, dan Kualitas Produk terhadap Pembelian Impulsif (Studi Kasus di Matahari Department Store Sidoarjo)
Abstract
The purpose of this research is to analyze the influence of price discounts, store atmosphere, product display, and product quality on impulse purchases at Matahari Department Store Sidoarjo. The research was carried out using a quantitative approach. The method used was purposive sampling with a sample size of 100 consumers of Matahari Department Store Sidoarjo. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis techniques. The results of this research found that the price discount and product display variables had a positive and significant effect on impulsive purchases, store atmosphere and product quality had a negative effect on impulse purchases at Matahari Department Store Sidoarjo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, I. D. 2020. Pengaruh Visual Merchandising dan Store Atmosphere Terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi Kasus Pada Konsumen Miniso di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(1), 660–666.
Artana, I. P. W., Wisesa, I. G. B. S., Setiawan, I. K., Utami, N. L. P. M. P., Yasa, N. N. K., & Jatra, M. 2019. Pengaruh Store Atmosphere, Display Product, dan Price Discount Terhadap Impulse Buying (Studi kasus pada Indomaret di kota Denpasar). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 4, 369.
Atmaja, H. S., Achsa, A., & Sijabat, Y. P. 2023. Pengaruh sales promotion, store atmosphere, dan kualitas pelayanan terhadap impulse buying pada konsumen alfamart kota magelang magelang city. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI), 4(1), 98–105.
Awaliyah, A. S., Iswiyanti, A. S., & Rachmat, S. A. 2023. Pengaruh Diskon dan Kualitas Produk Terhadap Impulse Buying Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia. 6(1), 22–46.
Azwari, A., & Lina, L. F. 2020. Pengaruh Price Discount dan Kualitas Produk pada Impulse Buying di Situs Belanja Online Shopee. Jurnal Technobiz, 3(2), 37–41.
Caesariani, T. E. 2020. Pengaruh Store Atmosphere Dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse buying Di Indomaret Surabaya Timur. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 8(2013), 306–314.
Cipta, H., Mahardhika, S., & Wdiyawati, L. 2021. Pengaruh Harga Diskon, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Impulse Buying Pembelian di Shopee. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Mutiara Madani, 9(Desember), 132–148.
Heridiansyah, J., Susetyarsi, T., & Marhamah. 2022. Analisis Dampak Store Environment, Price Discount, Sales Promotion, Dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Pt. Matahari Departement Store Kota Semarang Di Era New Normal. Jurnal Stie Semarang, 14(3), 15–26.
Hikmah. 2020. Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Impulsif di Kota Batam. Journal of Business and Economics Reaserch (JBE), 1(2), 173–179.
Intansari, N. M. 2020. Pengaruh Visual Merchandising, Product Display, Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Ritel Miniso Di Kota Malang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1–183.
Jamjuri, Ramdansyah, A. D., & Nupus, H. 2022. Pengaruh Merchandising dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif Sebagai Intervening. INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 8(2), 171–181.
Oky, D., & Maria, M. 2016. Pengaruh Display Produk Dan Suasana Toko Terhadap Pembelian Impulsif Pada Minimarket Rafa Mart Padang. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis FISIP Unmul, 4(2016), 683–697.
Pangestu, Fiki Ade, 2023, Pengaruh Store Atmosphere, Promosi Penjualan, dan Kelengkapan Produk Terhadap Impulse Buying Konsumen Laris Toserba Kartasura, Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
Prayoga, I. M. S. 2021. Pengaruh Store Atmosphere, romotion, dan Merchandising Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Clandy’s Cabang Buluh Indah Denpasar. Jurnal Ilmu Manajemen JUIMA, 11(1), 87–95.
Rabbi, Cahya Putri Abdi, 2023, Laba Matahari Department Store Turun 30% di Kuartal I-2023, diakses melalui website https://economy.okezone.com/read/2023/04/21/278/2802154/laba-matahari-department-store-turun-30-di-kuartal-i-2023
Rike Febriyanti, I., Raspati, G., Adi Jaya, U., & Aryadinata, A. A. 2021. Pengaruh Display Product Dan Price Discount Di Masa Pandemic Covid-19 Terhadap Impulse Buying Produk Food Supermarket (Studi Pada Konsumen Toserba Yogya Ciranjang). Cakrawala Repositori IMWI, 4(2), 158–166.
Rina, M., Meutia, R., & Ardiyanti, D. A. 2022. Pengaruh Keragaman Produk, Price Discount, dan Display Produk terhadap Impulse Buying Konsumen Saqina Swalayan di Kota Langsa. JIM: Manajerial Terapan, 2, 116–125.
Siskawati, & Prabowo, B. 2023. Pengaruh Price Discount, Store Atmosphere, dan Display Product terhadap Impulse Buying pada Matahari Department Store. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2777–2788.
Sihombing, D. O., & Sukati, I. 2022. Analisis Pengaruh Promosi, Life Style, dan Kualitas Produk Terhadap Impulse Buying Shopee di Kota Batam. eCo-Buss, 5(2), 754–766.
Space, W. L. 2013. Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. Leadership & Organization Development Journal, 34(7), 700–701.
Sumerta, I. K., I Made Baji Pranawa, Indahyani, D. N. T., & Redianingsih, N. K. 2021. Pengaruh Display Product dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying pada Rip Curl Store Seminyak Kuta - Bali. Buletin Studi Ekonomi, 26(1), 118–134.
Suprayogi, A., Najibullah, N., Sewaka, S., Sulastri, S., & Ruknan, R. 2022. Pengaruh Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Alfamart Cabang Pondok Jagung Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 58–66.
Tawas, I. F. N., Tamengkel, L. F., & Punuindoong, A. Y. 2019. Pengaruh Display Terhadap Perilaku Impulse Buying Di Transmart Bahu-Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 137.
Wicaksana, A., & Rachman, T. 2018. Pengertian Pendapatan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27.
Yuniawati, Y. 2023. Pengaruh Diskon, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Produk UNIQLO. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(3), 321–327.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.1807
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ekonomis: Journal of Economics and Business Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |