Analisis Praktik Giveaway dalam Jual Beli Online pada Perspektif Ekonomi Syariah
Abstract
The purpose of this research is to determine the sharia economic perspective, disclosures made by 12Passtuff (Korean Outfit Medan Binjai) through online sales and purchases. Nowadays, online sellers implement various marketing strategies to attract customers and increase public awareness of their goods. This research uses a qualitative descriptive methodology. Data collection methods include document review, interviews, and/or observation. The search engine is 12Passstuff which uses the gift giving method in sales promotions by utilizing internet media for sales. The findings of this research reveal that there are no religious haram requirements in the competition held by 12Passtuff.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annur, Cindy Mutia, 2024, 10 Aplikasi Media Sosial yang Paling Banyak Dipakai Pengguna Internet di Indonesia (Januari 2024), diakses melalui website https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/01/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024
Astuti dkk, 2021. Analisis Laporan Keuangan, Jawa Barat: CV. Media Sains Indonesia
Aimana, M. T., & Fahrullah, A. 2022. Analisis Fiqh Muamalah Terhadap Praktik Giveaway Bersyarat Dalam Akun Instagram @giveaway.oyi, 5, 172–181.
Ainulyaqin, M. H., Saiban, K., & Munir, M. 2023. Praktek Gadai Sawah di Kabupaten Bekasi Dalam Perspektif Ekonomi Islam, 8(1), 51–60.
Belkaoui, Ahmed Riahi. 2006. Teori Akuntansi, Edisi 5 Buku 1, Jakarta: Salemba Empat.
Chapra, M. Umar. 1980, The Islamic Welfare State and Its Role in the Economy: Studies in Islamic Economics, Leicester, UK: The Islamic Foundation.
Dahlan, Abdul Aziz, 1997, Ensiklopedia Hukum Islam, Jilid 2, Ichtar Baru Van Hoeve, Jakarta
Edy, S., & Rayuningsih. 2021. Peranan Baitul Maal Wat Tamwil Dalam Meningkatkan Usaha Mikro Melalui Pembiayaan Mudharabah (Studi Kasus BMT Fajar Cabang Cileungsi Bogor Periode 2018-2019). Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6(1), 47–54.
Fatima, I. N. 2018. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Giveaway pada Transaksi Online shop di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Fitriyah, A. 2020. Praktik giveaway Pada Online Shop di Media Instagram Perspektif Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Hukum Perjanjian Syariah.
Haqiqi, M. H. 2022. Efektivitas Penggunaan Instagram dalam Meningkatkan Daya Beli Followers Pada Produk Body Serum Di @numyskincare.
Jurdi, Syarifuddin, 2010, 1 abad Muhammadiyah: gagasan pembaruan sosial keagamaan, Penerbit Buku Kompas
Kisanda, KIsanda, Midisen, Handayani, & Santi. 2021. Jual Beli Emas Secara Tidak Tunai Ditinjau Secara Hukum Fikih. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6(1), 13-17
Kusuma, Diana & Sugandi, Syahriar. 2019. Strategi Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital yang dilakukan oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi. 3(18).
Latif, Abdul., 2014, Nilai-Nilai Dasar dalam Membangun Ekonomi Islam, Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum, 12(2), 154-169
Napoleoncat, 2024, Pengguna Instagram di Indonesi Januari 2024, diakses melalui website https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2024/01/
Nawawi, Hadari. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Nurudin. 2013. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ni’mah, Alfin., 2021, Hubungan Literasi Digital dan Keterampilan Penggunaan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Berbasis Ict pada Materi Hidrokarbon
Nisrina, M., 2015, Bisnis Online Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang, Yogyakarta: Kobis.
Pratanto Rahayu, W. 2020. Konsep Kepemilikan Dalam Islam. Irtifaq: Jurnal Ilmu-Ilmu Syari’ah, 7(1), 74-91
Rahmaputri, Astrica Ayuni, 2015, Respon Konsumen Pada Program Sales Promotion Giveaway (Studi Kualitatif pada Melodiary K-Pop Online Shop), eProceedings of Management, 2(3), 4107-4115
Sakum & Iftia, Hidaya. 2020. Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa. 5. 120-148.
Syantoso, A., Komarudin, P., & Budi, I.S. 2018. Tafsir Ekonomi Islam atas Konsep Adil dalam Transaksi Bisnis. Al Iqtishadiyah Jurnal Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.1716
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ekonomis: Journal of Economics and Business Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |