Pengaruh Sosial, Materialisme, dan Impulse Buying terhadap Niat Membeli
Abstract
This research investigates how social influence, materialism, impulse buying, and purchase intentions relate to each other. This research data collection method uses the Google Forms platform. Herbalife customers in the Gianyar district receive questionnaires directly through QR codes and links. This study uses the semantic differential scale 1 (Very Disagree) – 10 (Absolutely agree). Besides, attitudes can also be measured on this scale; however, rather than double options or checklists, the shape is a continuum line. Furthermore, the structural equation model (SEM) is used with the SmartPLS (Partial Least Square) 4 version for data analysis. The results of the research hypothesis sample test showed that based on 105 responses social influence does not affect purchase intention. Materialism and impulsive buying affect purchase intention. Social influence and materialism affect impulsive buying.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustianti, A.P. 2019, Pengaruh Diskon dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Anggraeni, F.G. 2019 Pengaruh trait kepribadian, social influence, dan faktor demografi terhadap impulsive buying melalui internet (online). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Anggriani, R. et al. 2021, Pengaruh Sifat Materialisme terhadap Perilaku Impulsive Buying dan Kecenderungan Compulsive Buying Pada Remaja di Kota Mataram, Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 3(1), 109–118.
Arfah, Y. 2022 Keputusan Pembelian Produk. Padang Sidempuan: PT Inovasi Pratama Internasional.
Ariati, R.A. and Pratama, M.P. 2020, Pengaruh Fashion Consciousness, Materialism, dan Lifestyle terhadap Intention to Purchase Counterfeit Product dengan Consumer Attitude toward Countereit Product sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Toko Sinar Permata Xuping Gombong)’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 2(3), 358–375.
Balik, D. and Tupamahu, F.A.S. 2020, Efek Moderasi Kontrol Diri pada Hubungan Sifat Materialisme Terhadap Pembelian Impulsif Online, Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis, 1(2), 115–136.
Chalil, R.D. et al. 2021, Brand, Islamic Branding, & Re-Branding. Depok: Rajawali Pers.
Chandra, G.A. 2019, Pengaruh Karakteristik Produk Terhadap Pembelian Impulsif Pada Generasi Z yang Dimoderatori oleh Gender. Universitas Negeri Yogyakarta.
Dwisuardinata, I.B.N. and Darma, G.S. 2023, The Impact of Social Influence, Product Knowledge, and Fear of Missing Out (FOMO) towards Purchase Intention on Alcoholic Beverage in Bali, Binus Business Review, 14(1), 1–11.
Efriani, R. 2022, Pengaruh Gender, Promosi Penjualan, Sifat Materialisme Dan Shopping Lifestyle Terhadap Perilaku Impulse Buying Secara Online (Studi Pada Masyarakat Kota Pekanbaru). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.
Ernestivita, G., Budiyanto and Suhermin, 2023, Seni Digital Marketing untuk Meningkatkan Pembelian Impulsif dan Compulsif. Bandung: Media Sains Indonesia.
Fitriah, M. 2018 Komunikasi Pemasaran melalui Desain Visual. Sleman: Deepublish.
Gunawan, D. et al. 2022, Keputusan Pembelian Skincare Safi Berbasis Media Marketing. Padang Sidempuan: PT Inovasi Pratama Internasional.
Hermawan, H.P. 2020, Pengaruh Materialisme, Prestise dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Boss’A Bistro & Cafe Tegal. Universitas Pancasakti Tegal.
Jessica, Medinal and Ruben Manullang, R. 2021, Analisis Pengaruh Brand Image, Vanity Seeking Dan Materialism Terhadap Minat Beli Ulang Jasa Kecantikan (Studi Kasus Pada Kimly Aesthetic Clinic di Pangkalpinang), Jurnal Ilmiah Bisnis Elektronik, 1(1), 28–34.
Karimah, F.L. Al, 2021, Pengaruh Social Influence, E- Word Of Mouth, dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee Pada Mahasiswa FKIP Universitas Lampung.
Krisnawati, W. 2020, Pengaruh Online Procrastination, Product Feature, dan Social Influence pada Purchase Intention Di Marketplace Shoppee, Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(2), 210–215.
Marunda, M.A.-Z.S. and Hidayat, R. 2022, Peran Pengaruh Sosial terhadap Pembelian Impulsif pada Produk Fashion di E-Marketplace dengan Self-Regulation sebagai Moderator, Jurnal Universitas Gadjah Mada
Maulana, R.P.N. and Supriyono, S. 2021, Pengaruh Promosi dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian pada Bunga Swalayan Sampang, Jurnal STEI Ekonomi, 30(1), 74–83.
Palar, F.F. 2019, Harga, Produk Fitur, Keunggulan Relatif, Lingkungan Sosial, Namamerek, Kenyamanan, Ketergantungan Dan Kompatibilitas Konsumen Muda Terhadap Niat Beli Smartphone Iphone di Surabaya, Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 8(1), 1312–1323.
Pamekas, G. 2020, Pengaruh Websites Quality, Sales Promotion dan Social Influence Terhadap Online Impulse Buying Penelitian Pada Platform E-Commerce Tokopedia. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.
Putra, Y.A. 2019, Pengaruh Promosi Penjualan dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu di Online Shop lazada Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Putri, G.R.S. 2022, Pengaruh Sikap Materialistis Terhadap Co-Worker Relationship (Studi Pada Perbankan Konvensional di Bandarlampung). Universitas Lampung.
Rezeki, A.A. 2022, Pengaruh Kemudahan, Manfaat dan Social Influence Terhadap Minat Pelaku UMKM Menggunakan Peer to Peer Lending Syariah di Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Rupayana, I.K., Suartina, I.W. and Mashyuni, I. 2021, Pengaruh Kualitas Produk, Impulse Buying dan Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Smartphone Merek Oppo di Kota Denpasar’, Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan, dan Pariwisata, 1(1), 233–247.
Setyawaati, Y. 2022, Pengaruh Adiksi Internet, Materialisme, dan E- Payment Terhadap Impulse Buying Online dalam Perspektif Bisnis Syariah (Studi pada Generasi Milenial Kota Bandar Lampung). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Subagio, A.N. et al. 2022, Pengaruh Religiosity Dan Materialism Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Wanita Muda Indonesia’, Jae (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi), 7(3), 1–6.
Sugiyono, 2020, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Tusyanah, 2022, Eksplorasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Adopsi Transaksi Nontunai dengan Model Utaut Pada Generasi Millenial. Pasuruan: Qiara Media.
Winarni, G. 2022, The Effect of Brand Consciousness, Materialism, Social Comparison, Product Innovativeness and Product Involvement on Attitude Towards Purchasing and Repurchase Intention At Nature Republic Medan. Universitas Pelita Harapan Medan.
Yudistira, E.R. 2019, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention Produk Private Label Sirup Indomaret di Jakarta, Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 4(2), 50–56.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.1628
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ekonomis: Journal of Economics and Business Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |