Pengaruh Ajaran Neng-Ning-Nung-Nang dan Religiusitas terhadap Niat Mahasiswa Melakukan Pinjaman Online
Abstract
The purpose of this research is to determine the influence of neng-ning-nung-nang teachings and religiosity on students' intentions to take online loans. This research is quantitative by utilizing primary data. A total of 110 respondents were selected in this study using snowball sampling techniques, where questionnaires were sent using Google Form. This research data was processed using SPSS. The results of this study found that neng-ning-nung-nang teachings and religiosity had a negative effect on students' intentions to take online loans
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriansyah, B., Niarti, U., & Hermelinda, T. 2021. Analisis Implementasi Penyusunan Laporan Keuangan Pada Umkm Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro,Kecil dan Menengah. Jurnal Saintifik Program Studi Akuntansi, Politeknik Raflesia, 19(1), 25–30.
Afriyani, S. 2022. Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Gaya Hidup Hedonismemahasiswa Universitas Binawan. Humaniora, 1–44.
Agustina, W. 2022. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Widya Dharma Klaten, 1–101.
Asniyati, & Yaya, R. 2020. Analisis Pengaruh Financial Literacy, Religiusitas, Mental Accounting, dan Norma Subyektif Terhadap Minat Dosen Fakultas Ekonomi Menggunakan Kartu Kredit Syariah. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 1–14.
Ayu, I. 2020. Pengaruh Gaya Hidup, Religiusitas, Impulsif Buying, Hedonisme, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Online Store Media Sosial dengan Self Control sebagai Variabel Intervening. Journal Of Sharia Economics, 3(1), 23–37.
Badri, R. E., Putri, A. S., & Dyasvaro, R. 2022. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Aplikasi Fintech Paylater: Integrasi Model Tam dengan Religiusitas. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 2022, 1(1), 91–99.
Bella, F. I. 2020. Optimization of Islamic Peer-to-Peer Lending for Micro and Small Enterprises (MSEs) After Pandemic of Covid-19. Journal of Islamic Economic Laws, 3(2), 108–123.
Budianto, A., Badriatin, T., & Rinandiyana, L. R. 2022. Pemasaran Kampanye Sosial Yuk Nabung Saham dan Teori of Reasoned Action dalam Memperkirakan Niat Ber-investasi Saham (Studi Kasus pada new investor PT Reliance sekuritas Indonesia Tbk Cabang Tasikmalaya). Jurnal Manajemen, 13(3), 317.
Choiriyah, N., & Purwanto, E. 2022. Analisis Financial Knowledge dan Minat Transaksi terhadap Penggunaan Fintech Peer-To-Peer Lending di Kota Surabaya. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 511.
Chotimah, A. N., Muti’ah, T., & Hartosujono. 2022. Implementasi Ajaran Neng-ning-nung-nang 13(1), 23–29.
CNN Indonesia, 2022, Kronologi Mahasiswa IPB Jadi Korban Pinjaman Online, diakses melalui website https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221115192307-12-874186/kronologi-mahasiswa-ipb-jadi-korban-pinjaman-online
Dary, R. W., & Pudjiharjo, M. 2022. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Religiusitas dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Spaylater. Islamic Economics and Finance in Focus, 1(3), 252–263.
Dharmawan, B. S., Mulyanto, & Vidyasari, R. 2021. Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Aplikasi Fintech. Account: Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Perbankan, 8(1), 1437–1445.
Fadhila, F., Azhar, & Marpaung, M. 2020. Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Produk dan Faktor Sosial Terhadap Penggunaan Shopeepaylater. Jurnal Bisnis Ekonomi Halal, 1(2), 20–30.
Hidayah, A. 2022. Membongkar Sisi Gelap Fintech Peer-To-Peer Lending (Pinjaman Online) pada Mahasiswa di Yogyakarta. Journal of Humanity Studies, 1(1), 1–7.
Kurniati, M. E. 2022. Pengaruh Persepsi Etis dan Religiusitas Terhadap Minat UMKM Mrnggunakan Pinjaman Online di Kecamatan PondoGede Kota Bekasi. UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purowokerto
Otoritas Jasa Keuangan (OJK), 2023, IKNB Statistik Fintech, diakses melalui website https://ojk.go.id/id/kanal/iknb/data-dan-statistik/fintech/default.aspx
Panduwinasari, E., Ekasari, K., & Susilowati, K. 2021. Persepsi (Tidak) Etis Mahasiswa Akuntansi: Ditinjau dari Pengetahuan Etika, Religiusitas dan Love of Money. AKUNSIKA: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 68.
Putri, A. J., Antong, & Ukkas, I. 2022. Nilai Religiusitas dan Lovee of Money Dalam Kecurangan Pada PT. Pengadaian Kota Palopo.
Putrianti, F. G., Wijayanti, A., & Listiyani, L. R. 2020. Pencegahan Cyberbulliying dengan Ajaran Ki Hadjar Dewantara. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(2), 130.
Rahmawati, E. 2021. Pengaruh Religiusitas Mahasiswa Yogyakarta Terhadap Shopee Paylater Dengan Hutang dan Riba Sebagai Variabel Pemoderasi.
Sapdi, R. M. 2022. Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Tri Pusat Pendidikan Rohmat Mulyana Sapdi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. 8, 649–656.
Sapdi Rohmat Mulyana. 2022. Implementasi Pendidikan Nilai dalam Tri Pusat Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(15), 649–656.
Setiyawan, R. 2022. Pengaruh Kepercayaan,Keamanan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit Online (FINTECH) (Studi Pada Aplikasi Akulaku). Digital Repository UIN Prof.KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto., 150.
Wardani, D. K., Nugroho, S. P., & Prabowo, A. A. 2021. Pengaruh Persepsi Etis Dan Religiusitas Terhadap Niat Umkm Melakukan Pinjaman Online Pada Masa Covid-19. Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 29(2), 81–92.
Wardhani, D. K., Primastiwi, A., & Sulistio, A. 2020. Pengaruh Pengetahuan Etika & Religiusitas Islam Terhadap Penggunaan Peer To Peer Lending Berbasis Syariah. Jurnal Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, 3(1), 103–104.
Wibowo, A. 2019. Analisa Risiko Keselamatan Kerja pada Explorasi Minyak. Jurnal Baut Dan Manufaktur, 1(1), 57–68.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.1565
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ekonomis: Journal of Economics and Business Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |