Peran Brand Reputation dan Hedonic Motive terhadap Buying Decision serta Implikasinya pada Customer Satisfaction Produk Motor Suzuki di Kota Serang

Selamet Hidayat, Sutisna Sutisna, Umalihayati Umalihayati

Abstract


This research aims to determine the effect of brand reputation and hedonic motive on customer satisfaction through the buying decision variable. Using quantitative research methods. Respondents totaled 230 Suzuki brand motorbike users in Serang City. Data analysis tools use Smart PLS and SPSS. The research results show that partially there is a significant influence between the brand reputation and buying decision variables on customer satisfaction, but there is no significant influence between the hedonic motive variable on customer satisfaction. Simultaneously and partially, there is a significant influence between the brand reputation and hedonic motive variables on buying decisions. Indirectly, there is a significant influence between buying decisions through brand reputation and hedonic motives on customer satisfaction with Suzuki Motorbike products in Serang City.


Keywords


brand reputation, hedonic motive, buying decision, customer satisfaction

Full Text:

PDF

References


Aisyah, D., & Engriani, Y. 2019. Pengaruh Reputasi, Kualitas Informasi, dan e-WOM terhadap Minat Beli pada Situs Jual Beli Online Tokopedia yang Dimediasi oleh Kepercayaan Pelanggan. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 1(4), 48–59.

Amin. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan, Kebijakan Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Serta Pengaruhnya pada Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Manajemen STIE Pertiba Pangkalpinang, 1, 58–78.

Aristayasa. 2020. Pengaruh Persepsi Harga dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen. 15(2), 90–103.

Azhari, M. R., & Arifin, R. 2017. Pengaruh Dimensi Kualitas Produk dan Reputasi Merek Terhadap Loyalitas Konsumen dan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening di Starbucks Malang City Point Dieng. E– Jurnal Riset Manajemen, 6(8), 64–80.

Bahri. 2018. Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Dipengaruhi Variabel Lokasi, Pelayanan, Kualitas Produk, Nilai Emosional, dan Disain Interior yang Berpengaruh pada Tingkat Pembelian. 8(1), 60–80.

Bahrudin & Zuhro. 2018. Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 4(1), 36–52.

Buddy, Tabroni, & Salim, F. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Pengaruhnya Pada Reputasi Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Travel Umroh dan Haji di Jakarta Timur). Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 110–125.

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. 2022. Model Keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen pada Marketplace : Kualitas Produk dan Kualitas Layanan( Literature Review Manajemen Pemasaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.

Dewi, K. I. L., Yulianthini, N. N., & Telagawathi, N. L. W. S. 2019. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Bpjs Kesehatan Di Kota Singaraja. Manajemen, 5(2), 82–92.

Dianah. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xioni Serta Pengaruhnya pada KePuasan Konsumen (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa). Jurnal Manajemen, 7(1), 16–26.

Dananjaya., Dio, Agung Kurniawan, 2024, Suzuki Tepis Anggapan Desain Motor Mengikuti Selera India, diakses melalui website https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/31/104200015/suzuki-tepis-anggapan-desain-motor-mengikuti-selera-india?lgn_method=google&google_btn=onetap.

Dananjaya., Dio, Agung Kurniawan, 2023, Soebronto Laras Ungkap Alasan Penjualan Motor Suzuki Kurang Bergairah, diakses melalui website https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/16/110200615/soebronto-laras-ungkap-alasan-penjualan-motor-suzuki-kurang-bergairah.

Ernanda, D. 2017. Pengaruh Store Atmosphere, Hedonic Motive dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Fadhli & Pratiwi. 2021. Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603–612.

Ferdiana, dkk, 2022. Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42.

Gustian, F. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Reputasi Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Restoran Cepat Saji KFC Kota Palembang). Jurnal Manajemen, 1(2), 159–174.

Gaikindo, 2022, India Geser Jepang Jadi Pasar Mobil Terbesar Ketiga di Dunia, diakses melalui website https://www.gaikindo.or.id/india-geser-jepang-jadi-pasar-mobil-terbesar-ketiga-di-dunia/

Hanum, Z., & Hidayat, S. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike di Kota Medan. Jurnal Bisnis Administrasi, 6, 37–43.

Hidayah. 2021. Analisis Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus pada Pudanis di Kaliwungu). Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 19(1), 76–82.

Hidayat dkk, 2019. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk dan Reputasi Merek pada Abon Ikan Cap Kapal Tsunami (Studi Kasus pada Konsumen Abon Ikan Cap Kapal Tsunam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 4, 450–460.

Imanulah, R., Andriyani, I., & Melvani, F. N. 2022. Pengaruh Citra Toko, Varian produk, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Pancious SOMA Palembang. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 285–295.

Isqo, H. 2015. Pengaruh Variasi Produk Terhadap Volume Penjualan Merek Ako Pada Matahari Departemen Store Lembuswana Di Samarinda. Jurnl Ilmu Administrasi Bisnis, 3(2), 470–481.

Junior. 2019. Pengaruh Brand Image dan Persepsi Harga Terhadap Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Datsun Nissan Martadinata). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 1.

Khairunissa, K. 2017. Pengaruh Bauran Promosi Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan (Survei pada Mahasiswa BINUS University yang menggunakan jasa Go-jek di Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis, 46(2), 37–45.

Leindarita, B. 2020. Pengaruh Utilitarian Value dan Hedonik Value terhadap Kepuasan Pelanggan Toserba Ridho di Bintan. 5, 25–30.

Lestari. 2022. Pengaruh Fanatisme, Gaya Hidup Hedonis, dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan. 11, 129–137.

Maulana, I. S. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Motor Sport Suzuki di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6, 1–11.

Muis, A., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. M. M. 2018. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Pengguna Tranportasi Go-Jek di Semarang. Jornal Ekonomi dan Bisnis, 4(4), 1–18.

Mulyapradana, Aria & Anjarini, Ary & Harnoto, Harnoto. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Tempo Cabang Tegal. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah). 3. 26-38.

Noor, I. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadapa Loyalita Pelanggan PT. Astra Honda Motor Narogong Bekasi. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 20(3), 692–704.

Oktaviani. 2017. Pengaruh Hedonic Value dan Utilitarian Value Terhadap Customer Satisfaction dan Behavioural Intention. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 775–792.

Pramita, M. W., & Danibrata, A. 2021. Hedonic Value dan Utilitarian Value Terhadap Customer Satisfaction Serta Pengaruhnya Terhadap Behavior Intentions. E-Jurnal Manajemen TSM, 1(1), 1–8.

Puirih. 2020. Fenomena Keputusan Pembelian Dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Kepuasan Konsumen Tokopedia di Kota Manado. Jurnal EMBA, 8(3), 411–419.

Purwianti, L., & Suryani, M. 2022. Pengaruh Utilitarian Value, Hedonic Value, Satisfaction, Word of Mouth Terhadap Purchase Intention. 5(2), 509–519.

Putri, S. D., & Arifiansyah, R. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Auto Service Cempaka Baru. Majalah Ilmiah Panorama Nusantara, 15(1).

Rahim, M. &. 2021. Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Perspektif Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah IAIN Amai Gorontalo, 2, 15–26.

Rahmadevita, L. D., Suharyono, & Srikandi Kumadji. 2016. Pengaruh Reputasi Merek Dan Komunitas Pelanggan Terhadap Nilai Pelanggan, Word of Mouth Serta Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembeli Non-Member Produk Kesehatan Melilea di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Jurnal Profit, 7(1), 50–60.

Ramdhan. 2022. Elemen-Elemen yang Terkait dengan Customer Satisfaction. E-Jurnal Manajemen TSM, 2(2), 329–340.

Ruslim. 2023. Hedonic Value dan Utilitarian Value sebagai Prediktor Terhadap Customer Loyality dengan Customer Satisfaction Sebagai Mediator. Jurnal Manajemen Dewantara, 7(1), 155–165.

Santi & Mulyanti. 2023. Pengaruh Atribut Supermarket Terhadap Motif Belanja Hedonik Motif Belanja Utilitarian dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 21–27.

Saputra &Yulistianis, 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Grand Setiabudi Hotel& Apartment. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 9(2), 21–31.

Setyaningsih. 2020. Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup Hedonis dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabani (Studi pada Santriwati Pondok Pesantren Ma’had Mambaul Qur’an Munggang Bawah di Wonosobo. Jurnal of Economic, Business and Engineering, 1(2), 311–318.

Suhariyo, S. 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Reputasi Merek Terhadap Customer Loyality Melalui Keputusan Pembelian Microsoft Dynamic Nav (Studi Kasus PD PT. Aevitas). Journal of the American Chemical Society, 123(10), 2176–2181.

Sukamdani, Y., & Purwanto, T. 2016. Kepuasan Pembelanja Supermarket yang Dipengaruhi Motif Belanja Hedonik dan Utilitarian Mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Majalah Ekonomi, 21(2), 264–274.

Susilo, H., Haryono, A. T., & Mukery, M. 2018. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Berkunjung sebagai Variabel Intervening di Hotel Amanda Hills Bandungan. Jurnal Manajemen Unpad, 4(4), 1–20.

Swari. 2017. Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Hubungan Nilai Utilitarian dan Nilai Hedonik dengan Loyalitas Konsumen. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1194–1220.

Syahidin, M. R. 2022. Prospek Pengembangan Usaha Alwa Kangen Water Di Kecamatan Bukit Kabupaten Bener, Gpjer, 4(1).

Widanti et al., 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Ulang Pada Konsumen Hypermart. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 17(2), 172–186.

Worek, S. E. G., & Sepang, J. L. 2021. Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Keputusan Pembelian PT. Pegadaian Persero Karombasan. Jurnal EMBA, 9(2), 404–412.

Yulandra, S. T., & Haryati, R. 2020. Pengaruh Reputasi, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Rio Mini Market di Lubuk Basung Kabupaten Agam. Matua Jurnal, 2(4), 295–306.

Yulianti. 2017. Pengaruh Merchandising , Basic Principles dan Retail Services terhadap Perilaku Hedonik dan Kepuasan Konsumen Discovery Shopping Mall Kuta - Bali. January.

Zuhra, F., &; Sukma, S. 2018. Brand reputation to customer loyalty level mediated by customer satisfaction at Bank Mandiri Syari'ah KCP Bireuen. Proceedings of the National Seminar of Lhokseumawe State Polytechnic, 2(1), 90-92.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.1546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ekonomis: Journal of Economics and Business Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: LPPM Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: ekonomis.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.