Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan dengan Moderasi Ukuran Perusahaan pada Sektor Healthcare di Bursa Efek Indonesia

Emiliana Nisa Syahniar, Ira Wikartika

Abstract


Company value is used to assess the importance of a company from the point of view of various parties, such as investors who are concerned with the valuation of a company through its share price. The high value of the company shows that the company is in a prosperous condition. The purpose of this research is to prove the overall effect of investment opportunity set, capital structure, and tax planning on company value with company size as a moderating variable in healthcare sector companies recorded on the Indonesia Stock Exchange for 2019-2023. The sampling technique in this research uses a purposive sampling technique and uses the Moderated Regression Analysis (MRA) method. The test results show that investment opportunity sets and tax planning have a significant positive contribution to firm value, capital structure has no contribution to firm value. Company size cannot moderate investment opportunity set and capital structure on company value, company size can moderate tax planning to increase company value in healthcare sector companies on the Indonesia Stock Exchange 2019-2023.


Keywords


investment opportunity set, capital structure, tax planning, firm value, company size.

Full Text:

PDF

References


Aji, A. W., & Atun, F. F. 2019. Pengaruh Tax Planning, Profitabilitas, dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. 9(3).

Alamsyah, M. F., & Malanua, W. 2021. Pengaruh Investment Opportunity Set, Corporate Social Responsibility, dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(2), 154.

Apriliyanti, V., Hermi, H., & Herawaty, V. 2019. Pengaruh Kebijakan Hutang, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan dan Kesempatan Investasi Terhadap Nilai dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti, 6(2), 201–224.

Astari, Y., Rinofah, R., & Mujino, M. 2019. Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Moderasi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(3)

Astuti, Y. D., & Fitria, G. N. 2019. Pengaruh Perencanaan Pajak dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan BOD Diversity sebagai Variabel Moderasi. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 9(2), 235–246.

Badan Pusat Statistik (BPS). 2022. Ekonomi Indonesia Triwulan III, diakses melalui website https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/11/07/1914/ekonomi-indonesia-triwulan-iii-2022-tumbuh-5-72-persen--y-on-y-.html

Balqis, Z. 2022. Pengaruh Modal Kerja dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018 s/d 2020. 2(2).

Burhanudin, Hidayati, S. A., & Tohri, M. Z. 2019. Pengaruh Aliran Kas Bebas dan Set Kesempatan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empirik Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). 19(1).

Enalia, F., & Mustaruddin, M. 2021. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi.

Fitria, D., & Irkhami, N. 2021. Ukuran Perusahaan Sebagai Pemoderasi Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Islamic Social Reporting Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Umum Syariah.

Gulo, M. F. 2022. Pengaruh Tax Planning, Struktur Modal, Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. 1(2), 264–273.

Hidayat, S. W., & Pesudo, D. A. A. (2019). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Transparansi Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. International Journal of Social Science and Business, 3(4), 367. https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i4.21323

Idris, A. (2021). Profitabilitas dan Solvabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Mediasi Harga Saham Perusahaan Farmasi di Indonesia.

Irawan, D., & Kusuma, N. (2019). Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal AKTUAL, 17(1), 66. https://doi.org/10.47232/aktual.v17i1.34

Janah, N., & Munandar, A. (2022). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. 6(2).

Krisnando, K., & Novitasari, R. 2021. Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, dan Firm Size terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2020. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 18(2), 71–81.

Lutfita, A., & Takarini, N. 2021. The Effect of Profitability, Firm Size and Capital Structure On Company Value. 9(3).

Mercyana, C., Hamidah, & Kurnianti, D. 2022. Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan Infrastruktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. 3(1).

Myers, SC, & Majluf, NS, 1984. Keputusan Pembiayaan dan Investasi Perusahaan ketika Perusahaan Memiliki Informasi yang Tidak Dimiliki Investor, Jurnal Ekonomi Keuangan, 13, 187-221.

Nurkhasanah, D., & Nur, D. I. 2022. Analisis Struktur Modal Pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, 16(1).

Pramudya, W. H., & Herutono, S. 2022. Perencanaan Pajak, Komite Audit, Nilai Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Penelitian Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 2(4).

Purwanti, A. 2022, Kinerja Sektor Kesehatan Kian Meningkat di Tengah Pandemi, diakses melalui website https://www.kompas.id/baca/telaah/2022/03/01/kinerja-sektor-kesehatan-kian-meningkat-di-tengah-pandemi

Puspita, D. A., Murtiningtyas, T., & Saradewi, L. W. P. 2021. Moderating Effect Of Firm Size On Firm Value with Investment Opportunity Set and Intellectual Capital as Antecedent Variables. 5(3).

Putri, R. A. A., & Setiawan, M. A. 2019. Pengaruh Investment Opportunity Set (IOS), Kebijakan Dividen, Dan Opportunistic Behavior Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1392–1410.

Ramdhonah, Z., Solikin, I., & Sari, M. 2019. Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017). Jurnal Penelitian Akuntansi dan Keuangan.

Ranti, M., & Pertiwi, T. K. 2022. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Rasyid, C. A. M. P., Indriani, E., & Hudaya, R. 2022. Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Pertambangan. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 7(1), 135–156.

Santoso, A., & Susilowati, T. 2020. Ukuran Perusahaan Memoderasi Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Adbis: Jurnal Administrasi dan Bisnis, 13(2), 156.

Sari, Ingra S. S. N. 2022. Pengaruh Perencanaan Pajak, Ukuran Perusahaan dan Financial Distress Terhadap Nilai Perusahaan” (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia Yang Terdapat di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020). 24(2), 242–261.

Setiawanta, Y., & Hakim, M. A. 2019. Apakah sinyal kinerja keuangan masih terkonfirmasi? : Studi empiris lembaga keuangan di PT. BEI. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 22(2)

Siregar, I. G., & Dewi, S. E. 2022. Pengaruh Perencanaan Pajak, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Comparative: Ekonomi dan Bisnis, 4(2), 42.

Situmeang, R. R., & Julianti. S, D. (2019). Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2012-2014. 4(2).

Sulasih, N. L. M. H., Novitasari, N. L. G., & Widhiastuti, N. L. P. 2021. Pengaruh Rasio Leverage, Rasio Pasar, Rasio Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Karma (Karya Penelitian Mahasiswa Akuntansi), 1(1).

Surmadewi, N. K. Y., & Saputra, I. D. G. D. 2019. Pengaruh Likuiditas, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 567.

Spence, Michael. 1973. Job Market Signaling. The Quarterly Journal of Economics, 87(3). 355-374.

Titus, E. B., & Fatimah, H. 2022. Pengaruh Perencanaan Pajak dan Return on Assets Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Transportasi dan Logistik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Wahidniawati, U. 2021. Efek Moderasi Ukuran Perusahaan pada Pengaruh Kesempatan Investasi dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan. 1(7).

Wikartika, I., & Akbar, F. S. 2020. Pengaruh Kepemilikan Institusional, Konsentrasi Kepemilikan Dan Dividen Terhadap Kinerja Perusahaan. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 6(1), 69–75.

Wulanningsih, S., & Agustin, H. 2020. Pengaruh Investment Opportunity Set, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 2(3), 3107–3124.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.1347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ekonomis: Journal of Economics and Business Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: LPPM Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: ekonomis.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.